Kesalahan Yang Harus Dihindari Ketika Menyewa Apartemen

Di hampir setiap sisi kehidupan, kita berusaha menghindari kesalahan, mulai dari membuat kue hingga mengendarai mobil. Hal yang sama berlaku ketika menyewa apartemen, karena kesalahan yang terjadi ketika menyewa apartemen dampaknya bisa sangat merugikan.

Dengan sedikit persiapan bisa membantu Anda menghindari kesalahan ketika menyewa apartemen berikut ini:

Tidak membaca perjanjian sewa dengan seksama

Seperti transaksi finansial lainnya, hal detail sangat penting. Dalam hal ini, perjanjian sewa akan berisi informasi penting atau hal rinci yang akan mempengaruhi biaya keseluruhan yang Anda keluarkan. Perjanjian sewa mencantumkan apakah Anda yang membayar listrik dan air dan bisa saja ada biaya parkir. Aturan penting berkaitan dengan hewan peliharaan, juga tercantum di perjanjian sewa.

Photo credit: Google

Mengabaikan lingkungan apartemen

Anda mungkin tergesa-gesa memilih apartemen, tapi jangan sampai lewatkan melihat lingkungan sekitar apartemen. Anda perlu tahu apakah lingkungannya bagus, dan aman ditinggali. Kunjungi beberapa kali di siang hari untuk memastikan suasana siang yang tenang. Anda juga perlu periksa tingkat kejahatan dan kualitas sekolah di lingkungan apartemen.

Menyewa apartemen tanpa memeriksa unit

Meski banyak orang menyewa apartemen tanpa mengunjunginya lebih dulu, Anda perlu periksa properti secara langsung. Foto apartemen sering menipu, membuat Anda kecewa ketika kenyataan tidak sesuai harapan.

Memeriksa unit juga memungkinkan Anda tahu beberapa hal dasar, seperti apakah unit dalam kondisi bersih atau tidak. Yang paling penting, ini juga membantu Anda menghindari penipuan.

Lupa mendokumentasikan kondisi apartemen

Satu perselisihan paling umum antara penyewa dan pemilik adalah berkaitan dengan dana deposit keamanan. Deposit bisa diminta pemilik sebagai pengamanan, uangnya bisa digunakan untuk menutupi biaya perbaikan dan kebersihan bila dibutuhkan.

Anda perlu siap menghadapi perselisihan. Anda perlu meluangkan waktu saat pertama kali pindah untuk mengambil beberapa foto, khususnya fokus pada kondisi apartemen. Bila Anda melihat masalah ketika pertama kali pindah ke apartemen, Anda perlu segera beritahukan ke pemilik, jadi kedua pihak punya pemahaman yang sama tentang kondisi unit.

Photo credit: Google

 

Tidak memastikan lokasi sesuai untuk Anda

Memilih apartemen yang memiliki semua yang Anda butuhkan adalah sangat penting, tapi juga penting mengetahui lokasinya bagus dan sesuai. Ini berarti memeriksa apakah mudah menjangkau berbagai tempat yang sering Anda datangi seperti supermarket, daycare, sekolah, dan kantor. Juga sebaiknya Anda memeriksa rute beberapa kali karena perubahan pola lalu lintas.

Tidak menginformasikan pemilik tentang masalah maintenance

Sebagai penyewa, jadi tanggung jawab Anda untuk segera melaporkan hal yang perlu diperbaiki di unit Anda. Meski masalah kecil dengan perlengkapan atau area lain bisa memicu kerusakan lebih besar yang jadi tanggung jawab Anda bila dibiarkan tanpa penanganan.

Baca artikel lainnya tentang sewa unit studio di Apartemen Metro Park Residence.

Tidak memperhatikan hal detail

Beberapa hal terlihat sederhana tapi sangat penting. Banyak penyewa mengalami ini. Mereka  telah menyepakati perjanjian sewa apartemen tapi menyadari sofa yang dimiliki tidak sesuai dengan ukuran ruangan, atau tempat tidur terlalu besar, atau barang yang tidak bisa masuk melewati pintu.

Ini pengalaman yang menyebalkan dan bisa dihindari dengan mengecek ukuran apartemen maupun barang yang Anda punya. Hal yang sama berlaku untuk kendaraan dan ketersediaan pilihan parkir.

Tidak membayar sewa tepat waktu

Anda tidak hanya punya tanggal kapan waktu untuk membayar sewa, tapi juga sejumlah kebijakan tentang kapan paling lambat uang ini dibayarkan. Setelah waktu tertentu Anda bisa terkena penalti, sering kali berupa denda 10 persen dari sewa bulanan.

Bila sering terlambat ini bisa menyulitkan aktivitas menyewa di masa mendatang. Rekam jejak yang buruk akan menghantui Anda. Dan riwayat buruk ini bisa mempengaruhi kemampuan Anda untuk menyewa properti di masa mendatang.

Salah memilih roommate

Punya teman untuk berbagi sewa bisa jadi ide yang tepat. Roommate adalah orang yang Anda butuhkan untuk menghemat uang sewa. Cara ini bisa berhasil tapi bisa jadi lebih sulit dari kelihatannya.

Anda mungkin baru menyadari kalau Anda dan roommate memiliki cara berbeda menjalani aktivitas sehari-hari. Itu sebabnya penting untuk menetapkan aturan dasar di awal, seperti berapa biaya sewa yang ditanggung masing-masing, tugas yang dikerjakan, dan sebagainya.

Jangan khawatir berlebihan, kesalahan-kesalahan dalam menyewa apartemen di atas bisa dihindari, meski bila ini pertama kalinya Anda menyewa apartemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *